Popular

Ragam Dan Fungsi Termometer

Ragam Dan Fungsi Termometer

Termometer adalah alat pengukur yang berfungsi untuk mengukur suhu atau temperatur. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin yaitu thermo yang memiliki arti panas, dan meter yang memiliki arti untuk mengukur. Prinsip kerja dari termometer ini ada berbagai macam, yang paling sering digunakan ialah termometer air raksa.

Alat pengukur suhu ini sering dijumpai di bidang kedokteran dan kesehatan, karena mempunyai tugas sebagai pemeriksa suhu tubuh manusia apakah normal atau tidak. Selain mengukur suhu tubuh, termometer juga sangat baik untuk dipergunakan sebagai alat ukur suhu ruangan yang kita diami sekarang. Berikut ialah fungsi dari termometer tersebut.

MACAM MACAM TERMOMETER

Ragam dan fungsi termometer ini memiliki berbagai macam jenis, ada yang berfungsi untuk mengukur suhu udara, mengukur suhu tubuh, bahkan mengukur suhu ruangan dimana saja. Mari disimak uraiannya di bawah ini:

  1. TERMOMETER KLINIS

Termometer jenis ini biasa digunakan untuk para dokter, bidan dan perawat di rumah sakit untuk dipergunakan sebagai alat pengukur suhu tubuh manusia. Zat cair yang digunakan untuk mengisi termometer klinis adalah air raksa. Skala besaran pada termometer jenis ini adalah antara 35° C sampai dengan 45° C. Penampang dari termometer ini sengaja dibuat lebih mengerucut atau kecil. Cara pengukurannya termometer diletakan pada bagian mulut atau ketiak manusia.

  1. TERMOMETER SIX-BELLAINI

Termometer jenis ini dipopulerkan dan ditemukan oleh James Six dan Beliani pada akhir abad ke-18. Termometer jenis ini sering digunakan sebagai termometer pengamat cuaca, untuk mengetahui suhu terendah hingga suhu tertinggi dalam jangka waktu tertentu. Termometer minimum dan maksimum ini mempunyai dua tabung silinder yaitu tabung A dan tabung B, dan juga pipa U. Tabung A memiliki isi alkohol dan disambungkan ke tabung B yang juga sama berisi alkohol, dan pipa U berisi air raksa.

  1. TERMOMETER TERKOPEL

Termometer jenis ini, terdiri dari dua kawat yang terbuat dari bahan logam yang berbeda jenisnya, dan dihubungkan dengan sebuah ampermeter. Prinsip kerja dari termometer jenis ini adalah apabila ada suhu yang berbeda, maka termometer ini akan menghasilkan arus listrik yang berbeda. Jangkauan dari suhu termometer ini adalah -100° C hingga 1500° C, termometer terkopel ini juga bisa mengukur suhu dengan cepat dan dapat dihubungkan dengan rangkaian komputer.

  1. TERMOMETER OPTIK ATAU PYROMETER

Termometer optik yaitu termometer yang kinerjanya didasarkan pada perubahan warna pada suatu logam, hal ini terjadi akibat dari adanya Perubahan suhu. Termometer optik ini pada dasarnya digunakan sebagai alat pengukur suhu, yang memiliki suhu sangat tinggi diatas dari 1000° C.

  1. TERMOMETER BIMETAL

Jenis termometer yang terakhir ini adalah termometer bimetal. Termometer ini mengandung sebuah kepingan bimetal yang sangat tipis dan memiliki bentuk semacam spiral. Prinsip kerja dari termometer ini adalah semakin tinggi suhu yang diukur, maka kepingan bimetal ini akan semakin melengkung untuk menunjukkan bahwa suhu ini sangat tinggi.

0
0%
like
0
0%
love
1
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top