Objek Wisata

Tujuan Wisata Di Madiun

Madiun. Apa yang terlintas di benak kita jika kita mendengar nama daerah ini? Merupakan satu di antara kota-kota di Jawa Timur. Terkenal dengan makanannya, pecel Madiun dan brem. Terkenal juga dengan industri kereta api, serta di era jaman dahulu terkenal pula dengan peristiwa pemberontakan PKI.

Madiun saat ini berkembang dengan julukan kota Gadis, yang merupakan kepanjangan dari kota perdagangan dan industri. Selain itu, kota ini juga menawarkan potensi wisata yang bisa dijadikan destinasi  di propinsi Jawa Timur. Pesona utama wisata di Madiun adalah berupa obyek wisata bernuansa alam. Jika ingin berlibur, ada beberapa tujuan wisata di Madiun yang bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi, 5 lokasi diantaranya sebagai berikut:

  1. Taman Wisata Umbul

Tujuan Wisata Di Madiun

Objek wisata ini merupakan peninggalan jaman penjajahan Belanda. Taman wisata Umbul berada di kecamatan Dolopo, sekitar 20 km di sebelah selatan Madiun. Tujuan wisata yang satu ini memberikan suasana sejuk bagi pengunjungnya dengan pemandangan indah. Fasilitas yang ada berupa wahana serta permainan, seperti kolam renang air belerang, kebun binatang mini, bianglala, bioskop 4 dimensi, dan fasilitas lainnya.

  1. Wana Wisata Grape

Sesuai dengan namanya, tujuan wisata di Madiun ini memberikan panorama hutan. Lokasinya berada di tepi hutan jati di kaki Gunung Wilis, sekitar 15 km dari kota Madiun. Wana wisata ini merupakan bagian wilayah dari KPH Madiun dengan luas 1,5 ha. Fasilitas yang ada di wisata ini berupa taman bermain untuk anak-anak, tempat memancing, tempat berkemah.

  1. Monumen Kresek

Monumen ini dibuat sebagai saksi sejarah tentang keganasan PKI di tahun 1948. Berlokasi kira-kira 8 km di arah timur Madiun. Fasilitas yang diberikan jika ingin berkunjung ke lokasi ini adalah pendopo untuk tempat istirahat, taman tanaman langka. Tidak rugi rasanya jika mengunjungi monumen ini sebagai wisata historis untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

  1. Air Terjun Seweru

Air terjun ini juga terkenal dengan sebutan air terjun Serondo. Lokasinya berada di kecamatan Kare di wilayah perkebunan kopi kandangan. Jika dari kota Madiun berjarak 25 km di arah timur. Tujuan wisata yang satu ini berada di lereng gunung Wilis, dengan ketinggian sekitar 400 dpl serta memiliki suasana sejuk. Kondisi jalan menuju air terjun ini belum baik, sehingga disarankan untuk menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi.

  1. Bendungan Bening

Bendungan ini merupakan tujuan wisata di Madiun yang bertempat di kecamatan Saradan. Jaraknya sekitar 40 km dari kota Madiun dan mempunyai luas kira-kira 10 ha. Wisata berupa waduk ini memberikan fasilitas bermain banana boot, memancing, menyewa perahu untuk mengelilingi bendungan. Di sini, pengunjung bisa bersantai sambil melihat pemandangan bendungan. Disediakan pula penginapan bagi yang ingin bermalam di sekitar Bendungan Bening.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top