Kesehatan

Cara Mengatasi Saat Ambeien Menyerang

Cara Mengatasi Saat Ambeien Menyerang

Cara Mengatasi Saat Ambeien Menyerang

Ambeien, atau yang dikenal dengan nama lain wasir, merupakan suatu penyakit yang diakibatkan pembengkakan pada dubur / anus, sehingga kinerjanya menjadi terhambat sebagai jalan lewatnya proses pembuangan sisa makanan. Selain pembengkakan, ambeien ini biasanya juga diikuti dengan adanya perdarahan pada anus saat proses buang air besar. Darah yang keluar ini berasal dari bocornya pembuluh darah yang melebar, dan jika terkena gesekan saat feses keluar dari dubur akan menjadi luka.

Untuk mencegah terjadinya ambeien agar tidak terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola makan yang baik adalah makan yang cukup, tidak berlebihan sehingga tidak memicu terjadinya obesitas (kegemukan). Selain itu harus didukung dengan cukupnya serat yang terkandung dalam makanan yang dimakan. Kebutuhan akan serat bisa diperoleh dari sayur dan buah. Penting juga mencegah ambeien dengan menghindari makan makanan yang pedas, agar terhindar dari resiko penyakit ini. Selanjutnya, banyak minum air putih sekitar 1,5 – 2 liter per hari. Banyak minum harus dilakukan tidak hanya jika tubuh merasa haus saja. Kebiasaan sehat mencegah wasir adalah dengan melakukan olah raga secara teratur agar peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Dengan peredaran yang lancar akan meningkatkan metabolisme tubuh, dan memudahkan dalam melakukan buang air besar.

Pencegahan ambeien juga bisa dilakukan dengan tidak duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk lama dapat menyebabkan tekanan tubuh bertumpu pada bokong dan dubur. Begitu juga tidak boleh memaksakan buang air besar (BAB) terlalu lama. Hal ini menjadikan proses mengejan yang dipaksakan sehingga menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di anus. Jika memang sudah terlanjur menderita ambeien, ada baiknya jika diperiksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan khusus. Selain secara medis, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi ambeien:

  1. Bawang putih

Caranya adalah dengan menumbuk bawang putih, kemudian ditambahkan air. Setelah itu airnya diambil, bisa dengan cara diperas atau disaring. Air perasan bawang putih dioleskan pada anus setiap hari.

  1. Lidah buaya

Caranya dengan membersihkan duri setengah batang lidah buaya berukuran sedang. Setelah dicuci kemudian diparut. Hasil parutan tersebut dicampur dengan setengah gelas air matang kemudian diperas atau disaring. Campurkan madu 2 sendok. Diminum 3 kali sehari

  1. Daun jambu biji

Caranya dengan menggunakan segenggam daun jambu biji dan 1 buah pisang. Setelah dibersihkan, 2 bahan tersebut dihaluskan, ditambahkan air setengah gelas dan diambil air perasannya. Diminum sekali sehari.

  1. Pisang ambon

Caranya dengan menghaluskan 1 buah pisang ambon ukuran sedang dicampur dengan susu murni. Menghaluskannya bisa menggunakan blender. Minuman ini mirip seperti smothie, diminum 3 kali sehari.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top