Hot Topic

Efek Samping dari Minum Kopi

Efek Samping dari Minum Kopi

Efek samping dari minum Kopi. Kopi merupakan minuman yang sering kita jumpai dan semua orang tentu sudah mengenal dengan minuman satu ini. Minuman hitam ini sudah dikonsumsi semenjak ratusan-ratusan tahun yang lalu, dan saat ini kopi bukan hanya hitam saja. Tetapi sekarang ini sudah ada tambahan minuman yang lainnya, seperti ditambah campuran susu, mocha, serta campuran yang lainnya. Kopi paling cocok dikonsumsi ketika pagi hari, santai, bersama denganb teman, atau keluarga.

Namun siapa sangka, minuman yang begitu digemari oleh manusia ini ternyata memiliki efek samping yang cukup menakutkan. Pasalnya, hampir setiap orang yang minum menjadi seorang pecandu kopi dan memerlukan kopi setiap hari.

Efek Buruk dari Minum Kopi

Kopi bisa menyebabkan constipation atau masalah susah buang air besar.

Kopi dapat menyebabkan karang gigi kemudian gigi menjadi kuning disaat kita mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

Peningkatan Asam Lambung

Walaupun kopi mempunyai banyak sekali manfaat, kopi juga dikenal bisa meningkatkan rasa kegelisahan. Dosis konsumsi yang banyak tidak dapat diterima oleh semua orang. Selain itu, tingkat dari keasaman kopi yang tergolong tinggi juga dapat merangsang pengeluaran asam lambung yang berlebihan.

Membahayakan Gangguan Mata

Penyakit pada mata dipengaruhi oleh kadar kafein, zat yang dikandung oleh kopi. Gangguan itu disebut dengan exfoliation glaucoma. “Minum tiga gelas kopi atau lebih dalam satu hari, ditemukan terkait dengan adanya peningkatan gangguan pada bagian glaucoma, khususnya bagi yang memiliki riwayat keluarga keturunan glaucoma,” kata Jae Hee Kang, asisten dari sorang profesor kedokteran Channing Division of Network Medicine at Brigham dan juga Women’s Hospital in Boston.

“Mereka yang berisiko terkena  gangguan ini, terutama mereka yang mempunyai riwayat keluarga berketurunan gangguan glaucoma sangat dianjurkan membatasi asupan kopi dengan jumlah, kurang dari tiga cangkir per hari,” sambungnya, seperti yang dikutip oleh Sciencedaily.

Studi itu melibatkan 79 ribu responden yang berkelamin wanita. Dari data kesehatan yang diperoleh dari pemeriksaan mata, serta kuesioner yang dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah konsumsi kopi per hari, dari penelitian tersebut didapat hasil bahwa mereka yang menderita gangguan mata, meminum kopi lebih atau sama dengan 3 cangkir dalam sehari.

Gejala dari penyakit ini ialah penekanan pada bagian bola mata. Kemudian dapat menyebabkan kerusakan syaraf optik yang ada disekitar mata. Ini yang bisa menyebabkan kebutaan secara permanen. Risiko kerusakan mata semakin meningkat jika Anda telalu banyak mengkonsumsi zat kafein.

Peningkatan Detak jantung

Kafein yang menjadi kandungan utama kopi bersifat stimulan yang dapat membuat kecanduan. Kafeine juga mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti adanya peningkatan detak jantung serta tekanan darah yang tergolong tinggi. Dampak negatif itu muncul akan muncul jika kita mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

BACA JUGA

Cara Menjauhkan Diri Dari Serangan Jantung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top