Bisnis Trend

Keuntungan Dan Kerugian Jailbreak Apple

Berbeda dengan system operasi Android, sistem operasi pada IOS mempunyai sifat yang tertutup sehingga para pemilik perangkat tidak mempunyai banyak keleluasaan untuk mengutak-atik perangkatnya. Kemudian banyak sekali orang yang tertarik untuk melakukan tindakan jailbreak untuk device Apple miliknya sehingga dapat menciptakan keleluasaan untuk bisa melakukan akses atas iPhone, iPad maupun perangkat iPod-nya.

Dan berikut ini adalah keuntungan jailbreak:

Akses aplikasi menjadi lebih luas.

Ini adalah keuntungan yang utama melakukan jailbreak, karena kita jadi dapat dengan leluasa mengakses dan menggunakan segala aplikasi yang tidak tersedia di iTunes atau App Store dan bisa memasang aplikasi yang berbayar secara free. Disamping itu kita juga dapat memasang banyak aplikasi lain yang ilegal yang bertujuan untuk meningkatkan proses kinerja dan bahkan memperbaiki bug yang terjadi.

Bisa melakukan tethering dengan perangkat lainnya.

Selama ini iOS sangat membatasi tethering ke device yang tidak sejenis dan hanya bisa melakukannya ke sesama perangkat Apple, dengan jailbreak kita dapat melakukannya dengan segala macam perangkat yang ada. Selain itu kita juga dapat bertukar file, baik itu seperti foto dan lagu dengan perangkat lain setelah melakukan tindakan jailbreak.

Opsi kustomisasi yang lebih beragam.

Dengan jailbreak memungkinkan para user untuk mengubah sebuah tampilan iPhone dengan mengubah tema, wallpaper, dock dan kita juga bisa mengubah, mengatur dan bahkan membuat sendiri aneka macam ringtone atau mungkin suara notifikasi perangkat kita.

Akses ke sistem file.

Setelah iPhone di jailbreak kita mempunyai akses lebih ke sistem file iOS itu sendiri sehingga nantinya bisa mengelola, dan memodifikasi, transfer data juga memecahkan suatu masalah yang timbul pada perangkat iOS itu dengan menggunakan bantuan perangkat yang lainnya.

Sementara itu di samping sejumlah keuntungan diatas, jailbreak juga mempunyai dampak yang merugikan. Kerugian melakukan jailbreak antara lain:

Menghilangkan garansi yang ada.

Jailbreak memang tidak disarankan oleh pihak Apple otomatis proses ini pasti menghilangkan garansi yang anda miliki. Namun  garansi akan kembali berlaku apabila perangkat kita dapat dikembalikan ke kondisi sebelum dilakukan tindakan jailbreak.

Tidak dapat meng-update os.

Terkadang Apple melakukan udpate terhadap sistem os-nya untuk menerapkan berbagai pembaharuan baik mayor maupun minor. Namun perangkat yang telah di jailbreak tidak akan bisa melakukan update dan jika dipaksakan untuk diupdate akan terjadi fatal error.

Rentan terhadap virus/malware.

Karena setelah tindakan melakukan jailbreak kita dapat memasang segala macam aplikasi di luar App Store atau yang illegal, sudah pasti hal ini sangat beresiko dengan terinfeksi segala macam virus dan malware

Sistem menjadi tidak stabil dan bergerak lambat.

Dengan menjailbreak perangkat IOS anda, dipastikan perangkat anda akan mengalami banyak masalah di kemudian hari. Pasalnya, jailbreak akan menanamkan suatu program aktif yang akan menguras batrai dan memori perangkat itu sendiri. Anda bisa buktikan sendiri.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian jailbreak apple. Semoga informasi ini bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top