Hot Topic

Melatih Kekuatan dan Kelenturan Tendangan dalam beladiri Karate

Melatih tendangan di semua aliran beladiri lebih susah dan rumit dibandingkan dengan melatih teknik pukulan ataupun tangkisan. Hal ini disebabkan oleh karena kaki mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan lengan, sehingga untuk melakukan teknik gerakan kaki/tendangan maka membutuhkan tenaga yang lebih esktra. Kemudian ada faktor lain yaitu ketika anda hendak melatih tendangan maka diperlukan berbagai latihan pelenturan kaki / senam atau streching terlebih dahulu, terlebih lagi untuk melakukan sebuah tendangan dengan sasaran atas atau tinggi.

Melatih kekuatan tendangan dalam karate

Kelenturan kaki akan sangat mudah dilatih ketika masih menginjak usia dini, bila sudah menginjak usia dewasa maka diperlukan waktu yang lama untuk melatih kelenturan kaki tersebut, kemudian faktor yang lain adalah ketika kita melatih tendangan kaki maka diperlukan suatu keseimbangan, karena jika kita melakukan tendangan maka kaki yang digunakan untuk menumpu tinggal satu. Terlebih jika anda melakukan sebuah tendangan dengan teknik yang rumit misalnya sebuah tendangan ke belakang atau tendangan dengan memutar maka keseimbangannya akan menjadi lebih sulit, maka diperlukan juga latihan keseimbangan kaki.

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika anda berlatih untuk menendang adalah bagaimana cara untuk menendang yang benar di dalam karate. konsep melakukan tendangan bukan seperti melakukan ayunan namun adanya suatu hentakan atau dorongan. Letak dorongan itu tergantung dari jenis tendangan yang dilakukan, contohnya adalah ketika anda melakukan tendangan lurus atau disebut maegeri maka dorongannya akan dimulai dari mengangkat bagian paha dan melakukan dorongan dengan menggunakan bagian lutut, kemudian kaki di luruskan dengan sangat cepat dan keras, dan posisi telapak kaki agak naik keatas.

Kemudian juga teknik tendangan mawashi ushiro gerie atau sebuah tendangan dengan memutar merupakan tendangan memutar yang jika mengenai target lawan maka efeknya akan sangat besar, cara pengambilan teknik tendangan ini dengan badan di putar sebanyak 60 derajat kebelakang, kepala menoleh ke lawan dan kaki diputar tertuju pada sasaran tersebut.

Ketika kita telah mengetahui bagaimana cara untuk menendang / teknik menendang dengan tepat, maka langkah yang selanjutnya adalah dengan terus berlatih, latihlah teknik tendangan itu dengan perlahan-lahan hingga anda benar benar menguasainya.

Kemudian yang tak kalah pentinganya adalah dengan sering melakukan olah senam kaki, senam kaki sendiri umumnya berupa senam untuk tujuan pelenturan dan senam untuk penguatan tumpuan kaki. Latihan kekuatan kaki juga amat penting karena bila tendangan dilatih tanpa adanya power maka efeknya adalah kurangnya efek yang ditimbulkan.

Jenis latihan yang bisa digunakan untuk memperkuat kekuatan kaki adalah dengan  memperbanyak latihan lari, anda dapat melakukannya dengan minimal lari ditempat  dengan mengangkat kedua paha, skippingan, lari jarak jauh, berjalan dengan jarak jauh ataupun berenang.

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top