Hot Topic

Langkah-langkah Belajar Berenang Bagi Pemula

Berenang itu banyak sekali manfaat. Namun, permasalahannya, tidak semua orang bisa berenang. Jika anda termasuk salah satunya, maka anda perlu mengetahui beberapa tips untuk bisa berenang seperti yang akan kita bahas dibawah ini. Yuk langsung saja.

  • Belajar Pernafasan di Dalam Air

Sebelum memulai berenang pastikanlah anda sudah pemanasan terlebih dahulu. Selanjutnya jika sudah masuk ke dalam  kolam, hal pertama yang wajib  dilakukan oleh pemula adalah mengatur nafas di dalam air. Caranya adalah ambil nafas yang panjang, lalu masukanlah seluruh badan ke dalam kolam renang. Tahanlah nafas sambil berhitung (di dalam hati) berapa lama anda bisa menahan nafas di dalam air. Di dalam air usahakanlah membuat bubble (keluarkanlah nafas sedikit demi sedikit melalui mulut atau hidung). Karena ternyata jika menahan nafas tanpa dikeluarkan (bikin bubble) itu malah membuat nafas kita tidak kuat atau melemah. Jika hitungan menahan nafas di dalam air masih kurang 10 detik, ulangilah sampai benar benar pernafasannya lancar (sekitar 15-20 detik). Belajar pernafasan ini sangat penting, karena nanti saat sudah berenang maka pernafasan anda akan tetap teratur.

  • Teknik Awal untuk Meluncur

Untuk teknik yang satu ini, lakukan saja seperti biasa. Posisi berdiri atau jongkok disesuaikan dengan kedalaman kolamnya dengan kaki kanan yang ditempelkan di dinding kolam. Sedangkan lengan sejajar ke depan. Untuk permulaan, anda hanya perlu meluncur saja, dengan menendangkan kaki dari dinding kolam, dan meluncur ke depan tanpa melakukan gaya apapun. Karena teknik satu ini hanya untuk latihan, belum masuk dalam teknik gaya renang. Saat meluncur ke dalam air, pastikan kepala anda menghadap ke dasar kolam, dagu menyentuh ke leher dan posisi telinga harus sejajar dengan lengan anda.  Lakukanlah teknik ini dalam sekali pernafasan dan pastikanlah selama di dalam air buatlah bubble seperti yang dijelaskan pada poin pertama di atas. Jika sudah merasa nafas ingin habis, berhenti saja dan ulangi lagi dari awal.  Terus lakukan teknik ini berulang –  ulang sampai anda lancar.

  • Gaya saat Renang

Jika langkah pertama dan kedua sudah lancar, selanjutnya gaya saat berenang. Sepengetahuan saya hingga saat ini ada empat  gaya saat renang yaitu Gaya Dada, Gaya Kupu-kupu, Gaya Bebas dan Gaya Punggung. Yang paling sulit untuk dipelajari dan paling menguras banyak energi adalah gaya kupu-kupu. Sedangkan untuk para pemula yang baru mulai belajar untuk berenang saya anjurkan untuk belajar gaya katak terlebih dahulu. Nanti, jika gaya katak sudah mulai lancar, belajar gaya punggung dan gaya bebasnya menjadi lebih mudah. Untuk mempelajari praktik setiap gaya, saya sarankan anda melihat di youtube.

Demikianlah tips belajar berenang yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda, Good Luck !

1
14%
like
1
14%
love
4
57%
haha
1
14%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top