Hot Topic

Cara Menembak Yang Benar dalam Permainan Bola Basket

Dalam permainan basket menjadi seorang shooter atau seorang penembak jitu merupakan hal yang sangat penting dalam permainan ini. Sebuah tim akan mudah memenangkan pertandingan jika mempunyai seorang shooter yang handal dan mampu menghasilkan banyak poin dalam sebuah game. Namun tidaklah mudah untuk menjadi seorang shooter, banyak orang yang menganggap shooter itu telah ditakdirkan tetapi bagi saya semua orang pasti mampu menjadi seorang shoter asalkan berlatih dengan giat. Berikut ini dasar-dasar cara menembak yang benar dalam permainan bola basket:

  • Cara berdiri

Berdirilah rilex, kaki direntangkan selebar bahu. Lutut ditekuk sedikit hingga otot paha mempunyai kekuatan untuk melakukan sebuah shooting. Kaki kanan seharusnya sedikit lebih ke arah depan. Bahu dan badan menghadap dengan lurus ke ring basket.

  • Cara memegang bola

Gunakanlah kedua tangan untuk memegang bola, tetapi yang sebenarnya hanya satu tangan yang akan digunakan untuk mendorong bola. Jangan pernah melakukan shooting dengan dua tangan. Tangan kanan merupakan landasan dan seharusnya telah berada di bawah bola dengan pergelangan tangan mengarah ke belakang semaksimal mungkin. Gunakan ujung jari untuk mendorong bola. Tangan kiri bertugas untuk menaham bola sebelum atau saat ingin menembak atau mendorong bola.

  • Dorongan ke atas

Pada umumnya tenaga untuk melakukan sebuah shooting berasal dari dorongan ke atas dengan lompatan (khususnya saat melakukan jump shot), atau dorongan ke atas dari bagian paha. Jangan pernah menambah kekuatan dengan menggunakan otot lengan atau pergelangan tangan ketika anda melakukan shooting dengan jarak yang jauh. Biarkan otot yang berada di kaki yang bekerja. Lepaskan bola ketika anda tengah melompat naik, bukan ketika turun saat lompatan.

  • Mengarahkan bola

Tentukanlah titik tujuan, bisa di kotak tengah bagian belakang dari ring basket, atau tepat berada di atas ring basket, atau lihatlah bagian itu dan bukan lihat kearah bola.

  • Melepaskan bola

Ketika melepaskan bola, lakukan hal itu ketika anda melompat naik, dorong menggunakan tangan terkuat anda (karena banyak pemain yang kidal) tepatnya dengan menggunakan jari dan pergelangan tangan. Ukurlah kekuatan dorongan sesuai dengan jaraknya, semakin jauh maka semakin kuat.

  • Follow through

Follow through sangatlah penting untuk memperoleh sebuah spin bola yang sangat baik. Jari-jari mengarah ke hadapan ring basket, dan pergelangan tangan anda ditekuk ke depan menyerupai sebuah leher angsa. Dan intinya pandangan menghadap kearah ring basket, bukan bolanya.

Setelah tahu dasar-dasar untuk menembak bola berikut adalah latihan-latihan untuk seorang menjadi seorang shooter

  1. Mulailah berlatih dengan tembakan dari jarak satu meter sebelah kiri dan juga sebelah kanan ring sebanyak 50 kali
  2. Menembak dari sisi sebelah kiri dan kanan sisi garis freethrow juga sebanyak 50 kali
  3. Menembak dari arah luar garis 3 point dari 5 sudut yang ada juga sebanyak 50 kali.
2
66%
like
1
33%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top