Hot Topic

Cara Berlatih Teknik Pukulan Karate

Saat anda baru pertama kali berlatih teknik dalam karate, maka yang pertama kali diajarkan adalah materi seputar pukulan atau tsuki. Di dalam karate sendiri dikenal banyak macam macam jenis pukulan. Diantaranya adalah jenis pukulan lurus atau (choku tsuki), pukulan tipe tinju ke atas (Tate Tsuki), pukulan jenis melebar U (Yama tsuki), Pukulan tipe pisau tangan (Shuto Uchi) dan yang lainnya. Semakin tinggi level dalam karate, maka pasti bertambah banyak pula macam jenis pukulan yang lain.

  • Cara melatih teknik pukulan karate

Dalam Berlatih Teknik Pukulan Karate, ketika anda dikenalkan dengan materi pukulan pada waktu pertama kali anda berlatih karate, maka ada hal yang perlu diperhatikan ketika anda belajar pukulan adalah tentang cara memukul yang tepat, yaitu ketika pertama kali  mulai dari cara menggenggam yang tepat, serta cara perputaran gerakan tangan ketika anda memukul, serta posisi tangan anda ketika memukul dan juga mengenai cara penyaluran tenaganya.

Melatih pukulan yang tepat sebenarnya tidaklah sulit karena struktur tangan manusia yang tidak lah panjang / pendek dan juga setiap sendi tangan yang lentur sehingga tidak dibutuhkan senam khusus untuk bisa membuat tangan menjadi lebih lentur. berbeda dengan teknik melatih tendangan, untuk berlatih bagaimana cara menendang diperlukan sebuah senam khusus untuk kaki, hal ini bertujuan supaya kaki dapat lebih lentur terlebih dahulu sebelum melakukan sebuah tendangan, misalnya dengan cara strecthing kaki ataupun split untuk senam kaki atau berbagai cara lainnya.

Langkah selanjutnya, ketika anda sudah dapat melakukan pukulan dengan cara yang benar, maka selanjutnya ialah latihan meningkatkan power pukulan karate. Anda dapat melakukannya dengan membutuhkan alat tambahan untuk dapat meningkatkan kekuatan pukulan, misalnya dengan menggunakan sebuah sandsack, papan kayu atau media lainnya.

  • Latihan pukulan dengan memakai makiwara

Untuk anda yang seorang pemula dalam berlatih teknik karate maka dianjurkan anda berlatih memukul menggunakan  Makiwara, memukul dengan menggunakan berbagai posisi (uraken, Seiken, shuto, dan hiji), anda lakukan minimal sebanyak 100x dalam satu hari. Setelah 3 sampai 6 bulan berlatih diri, dan paham, anda tingkatkanlah sampai menjadi rata2 sebanyak 300x dalam sehari dengan memakai berbagai posisi menggunakan makiwara. Jika anda terus menerus berlatih dengan cara seperti ini setiap hari selama satu tahun, maka anda sudah cukup kuat untuk memukul jatuh setiap orang  dengan mudah dengan hanya menggunakan satu kali pukulan. Latihan memukul dengan menggunakan media makiwara ini adalah salah satu latihan yang memiliki tujuan untuk  melakukan  meningkatkan  kecepatan (speed), dan kekuatan pukulan itu sendiri.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top