Bisnis

Universitas Negeri Favorit, Penting Atau TIdak ?

Universitas Negeri Favorite

Universitas Negeri FavoriteUniversitas Negeri Favorite. Saat ini adalah saat – saat dimana para lulusan SMA atau sederajat mencari tempat kuliah untuk melanjutkan pendidikan. Pasti, mereka berlomba – lomba untuk masuk ke perguruan tinggi negeri paling favorite walaupun letaknya jauh dari rumah. Contohnya, Universitas Indonesia, menjadi tujuan utama bagi kebanyakan calon mahasiswa yang mau melanjutkan pendidikannya, tak peduli bahwa dia tinggal di kota Jakarta. Berbagai cara dia tempuh, guna lulus dan diterima di Universitas Negri favorite tersebut. Namun, yang menjadi pertanyaan saat ini adalah, apakah masuk ke perguruan tinggi atau universitas negri favorite itu penting ?

Bagi kebanyakan calon mahasiswa, mungkin merasa ini adalah hal yang sangat sangat penting. Makanya, mereka akan langsung berlomba – lomba belajar, guna mempersiapkan diri, guna lulus menghadapi ujian saringan masuk ke perguruan tinggi favorite tujuannya. Bahkan, tak jarang ada saja calon mahasiswa yang rela menghabiskan banyak uang untuk mengikuti bimbingan belajar persiapan ujian SMPTN atau SBMPTN. Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang harus diketahui, apakah masuk ke perguruan tinggi atau universitas negri favorite itu penting atau tidak.

Sejujurnya, penting atau tidaknya masuk ke perguruan tinggi negeri atau universitas negeri favorite itu bergantung pada tujuan, alasan dan motivasi dari diri calon mahasiswa itu sendiri. Pendidikan lanjutan memang sangat penting bagi para lulusan SMA sederajat, dan itu akan menjadi bekal untuk menapaki jenjang karir, bukan menjadi obsesi untuk meraih gelar semata. Tentu akan sangat saying jika kita hanya mengejar gelar tanpa memiliki arti dan manfaat dari pendidikan lanjutan tersebut.

 Universitas Negeri FavoritePerguruan tinggi negri atau universtitas negeri favorite seperi Universitas Indonesia, UGM, ITB, IPB, STAN atau sederet perguruan tinggi ternama lainnya, memang sangat dipertimbangkan oleh para HRD yang bertugas merekrut pegawai baru. Dengan lulus dari universitas universitas ternama tersebut, minimal kita sudah memiliki prioritas untuk diterima dalam perusahaan, tempat kita melamar kerja setelah lulus. Ya, memang dengan menjadi lulusan dari universitas ternama akan memudahkan mencari pekerjaan. Dan ini adalah motivasi pagi para calon mahasiswa yang mau mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah dan pekerjaan yang tergolong enak. Jadi, dengan kata lain, kita berusaha mencari atau menjadi pegawai di persuhaan ternama dengan lebih mudah dari para lulusan universitas Negeri biasa atau universitas swasta.

Hal ini akan jauh berbeda bagi mereka yang memiliki motivasi untuk menjadi seorang pebisnis. Mereka juga memasang target untuk lulus tes dan diterima di perguruan tinggi ternama. Namun, mereka cenderung menjadikan target ini menjadi prioritas utama, karena memang motivasi mereka bukan menjadi seperti itu. Umumnya orang – orang yang memiliki motivasi menjadi seorang pebisnis, tidak terlalu memperdulikan dari mana mereka lulus atau dimana mereka akan berkuliah. Bagi mereka yang terpenting adalah bagaimana dia bisa belajar dan memahami konsep bisnis yang menjanjikan dan dapat ia jalankan dengan baik, tanpa harus memperhatikan dari mana dia akan berkuliah dan lulus.

Mungkin, sebagian dari kita pembaca akan merasa ini adalah hal yang aneh dan cenderung bodoh, karena memang berkuliah dan lulus dari perguruan atau universitas ternama adalah impian semua orang. Tetapi kita jangan lupa, mau kemana kita setelah itu, apakah kita hanya memiliki obsesi untuk lulus dari perguruan tinggi favorite ? itu sama sekali tidak menjamin masa depan kita. Beda halnya jika kita memiliki motivasi dan obsesi seperti mereka yang berfikir menjadi pebisnis. Walaupun pikiran mereka bercabang, antara memikirkan tugas pelajaran dalam kuliah dengan ide bisnis dan konsep bisnis yang hendak dijalankan, tetapi orang yang memiliki obsesi bisnis akan lebih memahami arah masa depannya daripada mereka yang lulus dari universitas ternama tanpa mengetahui apa arah yang dia jalani. Disini saya bukan menyimpulkan bahwa setiap lulusan universitas negeri favorite akan mejadi pegawai dan lulusan universitas swasta akan menjadi pebisnis, bukan juga menyimpulkan bahwa lulusan universitas negeri favorite masa depannya lebih sulit daripada pebisnis. Tentunya jalan setiap orang pasti berbeda beda, Tuhan menciptakan kita special, lengkap dengan arah yang ditempuh masing – masing. Namun, yang mau saya tegaskan disini adalah, penting atau tidaknya masuk ke universitas negeri favorite adalah bergantung pada motivasi dan obsesi apa yang ada dalam diri calon mahasiswanya, bukan hanya sebatas mengejar gelar atau termakan gengsi untuk lulus dari perguruan tinggi A B atau C.

Universitas Negeri FavoriteJadi, saya mau ingatkan bagi anda yang ingin mencari tempat kuliah atau tempat melanjutkan pendidikan untuk tidak terlalu memaksakan diri untuk lulus tes dan berkuliah di universitas negeri favorite. Cobalah untuk berfikir dewasa, apa sebenarnya tujuan, cita – cita dan obsesi yang dimiliki dari melanjutkan kuliah tersebut. Menuntut ilmu, bukanlah hanya bisa didapat dari satu sumber saja, tetapi masih banyak sumber lainnya yang diri kita sanggup untuk meraihnya dan gelar bukanlah menjadi suatu jaminan masa depan yang cerah. Ada dua motivasi yang menjadi obsesi bagi para calon mahasiswa, ada yang ingin mudah mencari pekerjaan dan ada juga yang ingin menjadi pelaku bisnis sukses, kenalilah mana motivasi diri anda jangan samapi salah. Menjadi pebisnis juga tidak lebih sukses dari pegawai, menjadi pebisnis akan lebih sulit dari pegawai, sekali lagi saya sampaikan bahwa kita diciptakan Tuhan special, kita mempunyai jalan masing – masing. Semoga artikel ini bermanfaat. Universitas Negeri Favorite

BACA JUGA

Program Pendidikan Berpeluang Kerja Besar

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top