Hot Topic

Pecatur Terbaik Dunia Bobby Fischer

Pecatur Terbaik Dunia.

Pecatur Terbaik Dunia. Robert James Fischer adalah seorang pecatur terkuat sepanjang sejarah, yang di kalangan para penganggumnya lebih familiar disebut dengan nama sebutan Bobby Fischer, dia adalah seorang juara dunia kesebelas pada urutan sejarah dari kejuaraan dunia catur yang disusun oleh organisasi FIDE. Lahir pada masa perang dunia yang kedua, Fischer kecil menjadi “bocah ajaib” dalam dunia catur saat itu dan hingga saat ini dia masih dikenang.

Pada usia yang ke 15 tahun ia sudah berhasil memperoleh gelar Grandmaster (yang saat itu adalah rekor usia yang termuda seorang GM dalam sejarah catur tetapi rekor itu pecah, ditumbangkan oleh pecatur kawakanGarry Kimovich Kasparov tahun 1978) setelah dia berhasil masuk ke turnamen interzonal Ljubljana/Portoroz pada tahun1958

Fischer adalah salah satu sosok legendaris bagi negara Amerika Serikat, karena kemunculannya sebagai juara dunia saat itu yaitu tepatnya pada tahun 1972 (dia berhasil mengalahkan Boris V. Spassky dari negara Uni Sovyet) di kota Rekjavik, Fischer keluar sebagai juara dunia sekaligus dirinya berhasil menumbangkan hegemoni dari catur Uni Sovyet di seluruh dunia. Sejak era 1948 yaitu ketika Michael Botwinnik berhsil menjadi juara dunia (setelah dia menjadi juara pada turnamen kandidat Den Haag / Moskow), Uni Sovyet terus terusan mendominasi dunia catur dengan beberapa keberhasilannya menempatkan beberapa GM terkuat yang dimilikinya sebagai juara dunia catur (beberapa juara itu antara lain Mikhail M. Botwinnik, juga Mikhail Tal, Vassily Smyslov, dan Tigran V. Petrosian, serta yagn terakhir Boris V. Spasssky yang tumbang di tangan Fischer)

Setelah Fischer berhasil menjadi juara dunia yang abru, pihak Uni Sovyet segera mengadakan persiapan persiapan untuk merebut kembali title yang dipegang Fischer. Seorang pecatur yang masih muda, yaiu Anatoly Karpov diorbitkan menjadi penantang Fischer. Di tahun 1975, Fischer yang kala harus mempertahankan gelarnya (sesuai dengan aturan FIDE yang memang mengharuskan smua juara dunia mempertahankan gelar aygn dipegangnya setiap 3 tahun sekali), namun Fischer tidak hadir di kala itu dan Karpov dinobatkan sebagai juara dunia tanpa bermain.

Hal itu menjadi pukulan telak bagi Soviet karena tidak ada satu GM yang mereka miliki yang berhail menghentikan Fischer. Dan kala itu Spassky melakukan tanding ulang dengan Fischer dan dirinya tetap kalah dan tidak kalah memalukan dengan match yang pertama dimana dirinya harus mengakui keunggulan telak dari posisi yang sudah sangat mematikan dari serangan Fischer yaitu pada Match ke 6.

Beberapa waktu lalu ada suatu program computer modern yang dibuat untuk menganalisis siapa pecatur terbaik diantara sekian banyak nama yang tercatat. Program itu mempertimbangkan dengan semua partai yang dimainkan oleh setiap GM dengan tingkat akurat perhitungan strategi dan kecocokan dengan otak sang mesin. Dan nama Fischer keluar di urutan teratas bersama Capablanca. Fischer memang terpaut satu point dibawah capa namun, dirinya meraih statistic itu di usia yang jauh lebih muda dari Capa, artinya jika ia terus bermain, maka ia bisa meraih atau melampaui kekurangan satu poin dari Capablanca.

Selain itu, Fischer berhasil meruntuhkan dominasi Soviet di dunia catur. Dirinya sering memprotes ke FIDE atas bebagai kecurangan yang dilakukan Soviet yang mengatur pertandingan antara pemain Soviet untuk bermain remis agar menghemat tenaga dan mental mereka untuk partai puncak. Namun, FIDE seperti memihak Soviet, mereka mengacuhkan semua keluhan Fischer dan tetap memeberlakukan peraturan yangmemberatkan pecatur seperti Fischer.

Namun, ditengah kecurangan itu, Fischer masih tetap menang. Setelah menjalani pertandingan melelahkan di babak awal, dirinya ahrus menghadapai para pecatur Soviet yang masih segar bugar karena taktinya seperti yang dituduhkan Fischer tetapi tetap saja Fischer tak terbendung. Hal ini mengejutkan pihak Soviet dan terus mencoba menghentikan kemampuan Fischer hingga puncaknya mereka kalah ketika Spassky tumbang dengan mengejutkan walaupun sudah unggul 2-0 di awal pertandingan kejuaraan dunia.

Ketika pertandingan ulang akan diadakan. Pihak Soviet mengadakan persiapan besar besaran dengan mengundang semua pecatur kuat kala itu untuk mendiskusikan sematang matangnya mengenai persiapan melawan Fischer. Hingga tiba harinya, Spassky masih tetap tidak mampu melawan sang Juara Dunia. Akhirnya, mereka mengorbitkan pecatur mudah tangguh Anatoly Karov untuk merebut title milik Fischer, namun di hari H nya, Fischer tidak hadir dan Karpov menang tanpa bertanding. Soviet memang berhasil merebutnya, tetapi mereka tidak bisa menghentikan fischer.

Dan salah satu pertandingan yang dikenang hingga saat ini adalah permainannya di game yang dijuluki Game of Century. Dirinya masih 13 tahun melawan seorang pecatur kuat senior dari Amerika, pada game itu, dirinya mengorbankan Ratu dan melakukan serangan paling mematikan yang pernah tercatat sepanjang sejarah. Game yang akan terus tercatat dan dikenang. Hingga akhir hayatnya, tidak ada satu pecaturpun yang bisa menandinginya, baik dari segi rating yang kala itu unggul telak atas Spassky di urutan kedua dan dari segi statistic yang dijelaskan program computer. Dia adalah sosok petarung catur paling jenius dengan daya ingat dan strategi paling genius. Dan memiliki banyak kemenangan telak atas para pecatur top di masanya dan memiliki poin sempurna dalam turnamen catur

BACA JUGA

Pecatur Terkuat Sepanjang Sejarah Jose Capablanca

1
33%
like
1
33%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
33%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top