Tokoh

Inilah Daftar Penyanyi Legendaris Indonesia

Musik merupakan bahasa universal yang bisa diterima di setiap bangsa dan suku meskipun dengan jenis bahasa yang berbeda. Indonesia, negara yang memiliki keragaman suku dengan ciri khas budayanya, juga memiliki kesenian berupa musik tradisionalnya. Namun begitu, dalam hal budaya nasional, musik juga bisa menunjukkan sejauh mana perkembangan dan pengaruh budaya luar yang masuk ke Indonesia. Di dalam perkembangannya hingga saat ini, dunia musik di Indonesia telah memiliki beberapa nama penyanyi yang begitu terkenal karena kualitas suara dan prestasi karirnya. Lagu-lagu berkualitas ini masih cukup enak didengar dan bisa dinikmati hingga saat ini meskipun pendengarnya tidak lahir di jaman dimana penyanyi itu sedang berkibar namanya. Meskipun jaman telah berganti dan beberapa ada yang telah tiada, nama penyanyi tersebut masih tetap terkenang sebagai  daftar penyanyi legendaris Indonesia.

  1. Chrisye
Daftar Penyanyi Legendaris Indonesia

Daftar Penyanyi Legendaris Indonesia

Namanya terkenal dengan vokal khasnya yang lembut. Adalah Chrismansyah Rahadi, bernama asli Christian Rahadi, dengan nama panggung Chrisye merupakan penyanyi pop yang begitu melegenda di jamannya dan hingga kini, meskipun raganya sudah tak lagi ada di dunia. Chrisye bermusik berawal ketika masih saat berada di jenjang SMA. Dalam karier bermusiknya, Chrisye telah merilis 31 album, banyak lagu single, beberapa dijadikan soundtrack sinetron dan film. Dalam karier bermusiknya, Chrisye telah banyak berkolaborasi dengan banyak musisi dan penyanyi Indonesia, termasuk menggabungkan ciri khas tradisional dalam lagu-lagu yang dibawakannya. Hal ini terlihat dari lagu yang pernah dibawakannya dengan penyanyi keroncong kondang, Waljinah. Lagu populer yang sempat dibawakan Chrisye di antaranya Lilin-lilin kecil, badai pasti berlalu, kisah kasih di sekolah.

  1. Rhoma Irama

Panggung dangdut Indonesia diramaikan oleh Rhoma Irama sebagai musisi dangdut seniornya. Dengan konsisten berada di musik dangdut, sempat melambungkan nama Rhoma Irama sebagai pemain film yang sukses dengan lagu-lagu terkenal di dalamnya. Rhoma Irama juga sempat pendapatkan pengakuan secara internasional di bidang dangdut dari salah satu perguruan tinggi luar negeri. Predikatnya sebagai Raja Dangdut, dimulai dengan karir musik sejak tahun 70-an. Rhoma Irama atau dikenal juga dengan julukan Bang Haji mendirikan sebuah grup musik dangdut Soneta tahun 1973. Tercatat, lebih dari 100 album, dengan 1000 lagu dangdut telah dirilis Rhoma Irama. Lagunya yang terkenal Mirasantika, Haram, Keramat.

  1. Ebiet G. Ade

Nama Ebiet G Ade sebagai penyanyi memang cukup terkenal dengan lagu-lagunya dengan lirik yang khas serta dibawakan dengan suara yang khas pula. Ciri khas lagu yang ditulis dan dibawakan oleh Ebiet adalah mengusung tema alam dan derita kelompok tersisih. Ebiet telah mengeluarkan 22 album studio, dan 35 album kompilasi dalam jejak karier bermusiknya. Lagu-lagu terkenalnya antara lain Menjaring matahari, Camelia, Masih ada waktu, Serenade.

  1. Nicky Astria

Lady rocker asal Bandung ini, memiliki nama asli Nicky Nastitie Karya Dewi, merupakan seorang penyanyi rock legendaris yang masih hidup hingga sekarang. Banyak lagu bertema rock dibawakan dengan bagus dan mendapatkan sambutan yang cukup sukses oleh para pendengar musik di Indonesia. Hingga saat ini mungkin kekuatan vokal dan kekhasan dalam membawakan lagu rock belum bisa disaingi oleh penyanyi solo rock wanita di Indonesia. Sebelum menjadi terkenal, dahulu Nicky ditemukan oleh musisi senior Ian Antono pada sebuah acara seni antar SMA. Nicky Astria  sudah merilis 17 album dan single. Lagu-lagu terkenalnya Mengapa, Uang, Misteri Cinta, Jangan ada angkara.

  1. Gombloh

Gombloh merupakan seniman asli Jawa Timur, tepatnya berasal dari kota kecil Jombang. Nama aslinya Soedjarwoto Soemarsono, adalah seniman musik dan penyanyi lagu balada sejati. Karya gombloh tertuang dalam 10 album bersama The Lemon Tree’s Anno ’69 dan 5 album solo karier. Syair atau lirik lagunya berisi tentang potret kehidupan rakyat kecil dan nasionalisme. Lagu-lagu terkenalnya seperti Dewa Ruci, Gugur Bunga dan Indonesia Kami.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top