Tokoh

Artis Indonesia Yang Menjadi Seniman Ventriloquist

Seorang artis yang profesional pastinya akan menunjukkan potensi kemampuan dan bakatnya. Berbagai jenis potensi yang ditampilkan di dunia panggung hiburan di Indonesia yang memunculkan nama seniman-seniman dengan bakat yang unik. Keunikan inilah yang kemudian membuat namanya menjadi menonjol dan cukup dikenal. Bidang keartisan atau kesenian yang unik adalah seni berbicara tanpa menggunakan gerakan mulut dan bibir. Seni ini seringkali disebut juga dengan istilah ventriloquisme. Dengan keahliannya mengeluarkan suara perut. Orang yang membawakan seni ventriloquisme disebut sebagai ventriloquist. Seni ventriloquisme dapat digunakan untuk tujuan menghibur, mengajar atau mendidik, serta berpromosi. Ada beberapa nama orang Indonesia yang muncul sebagai artis atau seniman ventriloquist, berikut ini di antaranya:

  1. Gatot Soenjoto

Merupakan salah satu seniman ventriloquist senior Indonesia, yaitu seni berbicara tanpa menggunakan mulut dan tanpa menggunakan bibir. Gatot Soenjoto pernah menjadi pembawa acara anak-anak di stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) dengan ditemani oleh bonekanya bernama Tongki. Sebelum kemudian sangat terkenal, Gatot Soenjoto belajar ventriloquisme pada tahun 1974 di New York. Ketika memandu suatu acara yang dibawakannya, beliau memerankan karakter yang berbeda serta mengenakan kostum yang sesuai dengan karakter yang dibawakannya. Boneka Tongki seringkali melontarkan komentar-komentarnya yang lucu.

  1. Ria Enes

Artis Indonesia Seniman Ventriloquist

Ria Enes memiliki nama asli Wiwik Suryaningsih lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Sebelum namanya terkenal, kak Ria Enes merupakan penyiar radio di Surabaya. Tokoh boneka Suzan bersuara anak kecil perempuan yang namanya diambil dari nama Radio tempat Ria Enes menjadi penyiar (radio Suzana). Kepopuleran nama Ria Enes dan boneka Suzan didapatkannya di sekitar awal tahun 1990-an, di saat mengudara menjadi penyiar radio menggantikan Bung Dino yang kala itu sedang sakit. Selanjutnya, kesuksesan Ria Enes dan boneka Suzan bersambung ke ranah tarik suara, dengan beberapa lagu yang berhasil terkenal dengan keahliannya dalam seni ventriloquisme ini, seperti pada judul lagu Kodok dan Semut, Suzan punya cita-cita. Ria Enes juga sempat didapuk oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional untuk membawakan acara bertema anak-anak bersama dengan boneka Suzan-nya.

  1. Radit Vent

Pendatang baru seni ventriloquisme ini merupakan jebolan dari salah satu acara pencarian bakat bertema komedi. Sebagai salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia yang sedang naik daun, nama Radit Vent juga ikut terkenal di televisi nasional. Radit Vent merupakan ventriloquist pertama di ajang kompetisi pencarian bakat ini. Nama aslinya Raditya Adipramono, merupakan seorang dosen tetap bahasa Inggris di Universitas Islam Indonesia, Yoyakarta. Sebelumnya, Radit pernah mengikuti audid Indonesia’s Got Talent. Beberapa tokoh boneka yang sering digunakan tampil dengannya adalah Joni, pakde Sukur atau uncle ben, Otan, dan Lola.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top