Hot Topic

Dampak Positif Bermain Game Pada Anak

Dampak Positif Bermain Game Pada Anak.

Dampak Positif Bermain Game Pada Anak. Belakangan ini, ada banyak sekali riset yang menunjukkan dampak negatif  dari bermain game khususnya pada pertumbuhan anak-anak, baik itu di dalam komputer, konsol atau berbagai perangkat gadget yang digunakan. Hal ini tentu membuat banyak orang tua merasa was was dan takut.

Tapi sebenarnya kita tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, ada juga dampak positif dari bermain game bagi anak

  1. Kebugaran dan Gizi

Banyak game yang mempunyai unsur kebugaran, gizi serta hidup sehat sebagai tujuan utama dari permainan tersebut. Bahkan tidak sedikit  game menyajikan permainan mereka dengan tujuan pada kebugaran fisik, yang dapat mendorong para pemain untuk dapat menurunkan berat badan untuk dapat mempertahankan gaya hidup yang sehat.

  1. Koordinasi mata dan tangan

Video game sebenarnya bisa meningkatkan ketangkasan pada anak anak, yang sangat berguna untuk beraktivitas sehari-hari. Sebenarnya banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem koordinasi antara bagian tangan dengan mata, tetapi hal itu cenderung kurang menarik keinginan anak-anak untuk dapat atau mau mencobanya.

  1. Keterampilan sosial

Kurangnya keterampilan sosial serta kemampuan untuk dapat berinteraksi dengan orang lain secara umum bisa merusak perkembangan anak bahkan juga menyebabkan depresi. Anak-anak yang bersifat pemalu serta kurang percaya diri ketika bersosialisasi dengan teman nya,  mungkin akan merasa lebih mudah membuka diri ketika mereka bermain video game. Dengan bantuan game, anak-anak bisa berinteraksi dengan banyak orang di sekitarnya, bahkan orang yang tidak mereka kenal sekalipun.

  1. Peningkatan kemampuan belajar

Kompleksitas games juga dapat memberikan anak kesempatan untuk meningkatkan keterampilan saraf kognitif seperti dalam memecahkan masalah serta membuat keputusan yang tepat. Video game telah berkembang pesat ke titik di mana pemainnya harus bisa mengambil kendali serta berpikir secara mandiri. Bahkan banyak permainan yang dapat mendorong anak menjadi sabar juga kreative dalam memecahkan teka-teki sebelum mereka bisa maju ke tahap yang berikutnya.

  1. Sportivitas dan adil

Sportivitas (fair play) merupakan nilai-nilai yang umum dikembangkan ketika olahraga serta aktivitas organisasi. Game secara tidak langsung juga dapat menawarkan Anak nilai-nilai semacam ini, terutama ketika tengah bersaing satu dengan yang lain.

  1. Mengurangi stres

Sekarang ini stres tidak hanya dialami oleh setiap orang tua tetapi juga bisa dialami oleh anak-anak. Beberapa orang tua terkadang akan menaruh harapan serta tuntutan yang sebenarnya anak-anak mereka tidak sukai, contohnya terkait dengan hobi dan belajar. Bermain game bisa menjadi jalan keluar untuk anak bisa lepas dari tekanan untuk mengurangi rasa stress yang dialaminya akibat ktidaknyamanan melakukan suatu kegiatan yang menurutnya tidak menyenangkan seperti belajar tadi.

  1. Kerja tim

Kerjasama untuk membangun team work yang kuat sangat ditekankan ketika bermain sebuah game. Ada banyak sekali game online yang sekarang ini menuntut kerjasama tim untuk meraih kemenangan. Dengan melalui ini, kemampuan anak untuk  bisa bekerjasama dalam tim akan terus terasah sehingga menciptakan karakter yang supel. Dan mereka akan cenderung menyukai cara yang semacam ini ketika akan berkatifitas memecahkan permasalahan atau yang lainnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top