Bisnis

Jenis Usaha Waralaba Yang Sukses

Franchise dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah waralaba. Merupakan suatu bentuk cara berwirausaha yang dilakukan oleh pelaku usaha dengan hak untuk menjual dengan menggunakan suatu merk dagang tertentu, baik dalam bentuk barang dan jasa. Usaha franchise terjadi melalui kerjasama bisnis antara pemilik usaha dengan pelaku usaha dengan berdasarkan perjanjian yang telah disepakati serta persyaratan yang diberikan pemilik usaha. Pelaku usaha nantinya akan mendapatkan paket usaha yang telah disepakati lengkap dengan brand / merk dagang dari pemilik usaha dengan membayarkan sejumlah uang sebagai modal awal. Biasanya persyaratan atau perjanjian di awal pembelian usaha akan berbeda antara satu franchise dengan franchise yang lainnya. Beberapa jenis usaha waralaba sukses telah memiliki merk dagang yang sudah terkenal, serta memiliki banyak outlet tersebar di wilayah Indonesia.

Jenis Usaha Waralaba Yang Sukses

Bisnis franchise lebih disukai untuk ditekuni karena mudah dilakukan oleh pelaku usaha yang masih pemula, tak perlu mencari ide karena hanya meniru jenis usaha waralaba yg sudah memiliki merk dagang tertentu. Daya tarik lainnya adalah beberapa jenis waralaba menawarkan modal kecil bagi pelaku usaha, sehingga lebih diminati masyarakat di Indonesia. Sebagai calon pelaku usaha yang bergerak di bidang waralaba, hendaknya lebih lihai melihat peluang jika ingin memulai usahanya. Ada beberapa jenis usaha waralaba paling sukses  yang telah mengenyam kesuksesan di bidang-bidang berikut ini:

  1. Bidang makanan

Kebutuhan makanan merupakan kebutuhan mendasar manusia. Berbagai jenis olahan makanan bisa digali inovasi dan kreativitasnya pada bisnis waralaba ini, sehingga menjual olahan makanan merupakan bidang usaha yang tidak akan pernah ada matinya. Berbagai jenis makanan yang diolah dari bahan-bahan sederhana, bisa bernilai ekonomi tinggi dengan harga jual yang menguntungkan. Cara penjualannya pun beragam, mulai dari cara penjualan kelas kaki lima hingga dalam bentuk tempat makanan yang berkelas. Waralaba makanan bisa mendulang kesuksesan dengan ciri khas cita rasa dan bentuk penyajiannya sehingga menarik rasa penasaran konsumen untuk mencobanya. Rasa makanan dan porsi harus diperhatikan pelaku usaha, karena bagian tersebut akan menjadi pertimbangan konsumen untuk mau membeli kembali produk usaha waralabanya.

  1. Bidang pendidikan

Franchise pendidikan adalah wirausaha yang berbentuk jasa pelayanan. Contohnya bisa berupa pelayanan kursus atau bimbingan belajar. Saat ini banyak sekali franchise pendidikan tersebar di Indonesia, tidak hanya berada di kota-kota besar. Kebutuhan konsumen terhadap skill / keahlian serta bimbingan kesulitan belajar merupakan peluang usaha yang bisa digarap menggunakan waralaba pendidikan. Suatu lembaga bimbingan belajar akan mendapatkan kepercayaan dari konsumennya, jika terbukti dalam meningkatkan hasil  belajar anak didiknya. Sedangkan untuk lembaga kursus, keahlian yang dimiliki oleh peserta didik adalah faktor pendukung yang mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen, serta keberlanjutan usaha kursus di kemudian hari. Waralaba bidang pendidikan ini harus memiliki tutor atau guru yang berkualitas dan mumpuni dalam segi materi dan keahlian, demi menjaga kualitas lembaga serta kualitas lulusannya. Selain itu, diperlukan pula guru dan tutor yang mempunyai kelebihan dalam berkomunikasi, agar bisa menyampaikan materi dengan mengena dan bisa mudah dipahami oleh peserta didiknya.

  1. Bidang minuman

Selain produk makanan, waralaba minuman ini juga berprospek besar laris manis mendulang keuntungan. Produk minuman yang memiliki keunikan rasa yang seimbang dengan kualitasnya akan selalu memiliki konsumen, yang pastinya ditunjang pula dengan harga yang bersahabat. Hampir sama dengan waralaba makanan, perlu cara yang hampir sama agar konsumen tetap setia untuk membeli produk jualannya dengan pelayanan yang baik.

  1. Bidang jasa pengiriman barang

Jasa pengiriman barang merupakan salah satu bidang waralaba yang berprospek, seiring dengan banyaknya toko online yang menjual banyak produk. Setiap orang  yang membeli produk pada toko online akan membayarkan sejumlah uang tambahan selain harga barang yang tertera sebagai biaya kirim barang. Selanjutnya barang tersebut akan dikirimkan dari toko online menggunakan perusahaan jasa pengiriman barang. Memberikan jaminan kepercayaan kepada pelanggan dengan pelayanan yang memuaskan adalah salah satu cara yang dilakukan agar konsumen mau terus menggunakan jasanya. Kepuasan dan kepercayaan itu terbukti dengan jaminan barang bisa sampai tepat waktu dengan kondisi yang baik sejak awal pengiriman hingga sampai di tempat tujuan.

  1. Bidang minimarket

Kebutuhan sehari-hari rumah tangga bisa dilayanai oleh waralaba minimarket. Mendirikan usaha minimarket hendaknya dilakukan berdekatan dengan pemukiman penduduk, baik itu kampung, perumahan, tempat kos,atau asrama. Kebutuhan sehari-hari akan selalu memiliki konsumen. Dengan lokasi yang strategis, kenyamanan belanja, mudah dijangkau akan memberikan nilai tambah bagi konsumennya. Selain itu ada pula minimarket yang memberikan pelayanan lebih melalui fasilitas pesan antar dengan nilai minimal belanja tertentu.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top