Bisnis Trend

Contoh Usaha Franchise Yang Menguntungkan

Franchise atau dikenal pula dengan istilah waralaba, merupakan salah satu bentuk usaha yang sedang hangat di Indonesia. Usaha franchise merupakan alternatif cara berwirausaha yang dilakukan oleh pelaku usaha dengan hak untuk menjual dengan menggunakan suatu merk dagang tertentu, baik dalam bentuk barang dan jasa. Usaha franchise terjadi melalui kerjasama bisnis antara pemilik usaha dengan pelaku usaha dengan berdasarkan perjanjian yang telah disepakati serta persyaratan yang diberikan pemilik usaha. Pelaku usaha nantinya akan mendapatkan paket usaha yang telah disepakati lengkap dengan brand / merk dagang dari pemilik usaha dengan membayarkan sejumlah uang sebagai modal awal. Ada beberapa usaha franchise yang menguntungkan yang sudah berkembang dan terkenal serta memiliki banyak outlet tersebar di wilayah Indonesia.

sponsor: jasa pembuatan website murah.

Menjalankan usaha secara franchise mudah ditekuni karena mudah dilakukan oleh pelaku usaha yang masih pemula, tanpa perlu repot mencari ide, karena hanya tinggal meniru jenis usaha waralaba yang sudah memiliki merk dagang dengan sistem penjualan tertentu. Berikut ini contoh usaha franchise yangbisa dijadikan ide untuk berwirausaha, antara lain:

  1. Bidang makanan

Kebutuhan makanan merupakan kebutuhan mendasar manusia. Berbagai jenis olahan makanan bisa digali inovasi dan kreativitasnya pada bisnis franchise ini, sehingga menjual olahan makanan merupakan bidang usaha yang tidak akan pernah ada matinya. Berbagai jenis makanan yang diolah dari bahan-bahan sederhana, bisa bernilai ekonomi tinggi dengan harga jual yang menguntungkan. Cara penjualannya pun beragam, mulai dari cara penjualan kelas kaki lima hingga dalam bentuk tempat makanan yang berkelas. Waralaba makanan bisa mendulang kesuksesan dengan ciri khas cita rasa dan bentuk penyajiannya sehingga menarik rasa penasaran konsumen untuk mencobanya.

Contoh :

  1. Waralaba Quick Chicken

Usaha makanan dengan merk dagang Quick Chicken menyediakan kebutuhan makanan berupa olahan ayam goreng sebagai menu utama yang ditawarkan kepada konsumennya. Selain itu, usaha franchise juga menyediakan varian menu-menu minuman dan makanan yang sifatnya adalah fast food (makanan cepat saji), contohnya burger, kentang goreng, spageti, minuman sari jeruk, es krim, minuman bersoda, dan banyak laigi lainnya. Keunggulan lainnya adalah soal harga yang tergolong ekonomis dibandingkan dengan franchise makanan dari luar negeri tanpa mengesampingkan dari segi cita rasa.

  1. Bidang minuman

Selain produk makanan, waralaba minuman ini juga berprospek besar laris manis mendulang keuntungan. Produk minuman yang memiliki keunikan rasa yang seimbang dengan kualitasnya akan selalu memiliki konsumen, yang pastinya ditunjang pula dengan harga yang bersahabat. Hampir sama dengan waralaba makanan, perlu cara yang hampir sama agar konsumen tetap setia untuk membeli produk jualannya dengan pelayanan yang baik.

Contoh:

  1. Waralaba Teh Poci

Usaha Franchise Yang Menguntungkan

Minuman berbahan dasar teh ini merupakan usaha sederhana dan modal yang tidak banyak. Brand teh Poci sudah cukup terkenal di masyarakat. Harga jualnya pun sangat bersahabat. Bila berjualan di tempat yang strategis maka pasti akan banyak konsumen yang membelinya. Dengan konsep jual murah, jual banyak dan jual cepat, maka keuntungan yang sedikit akan berlipat menjadi banyak, dengan ide usaha berjualan teh yang termasuk sederhana namun bernilai ekonomis.

  1. Bidang minimarket

Kebutuhan sehari-hari rumah tangga bisa dilayanai oleh waralaba minimarket. Mendirikan usaha minimarket hendaknya dilakukan berdekatan dengan pemukiman penduduk, baik itu kampung, perumahan, tempat kos,atau asrama. Kebutuhan sehari-hari akan selalu memiliki konsumen. Dengan lokasi yang strategis, kenyamanan belanja, mudah dijangkau akan memberikan nilai tambah bagi konsumennya.

Contoh:

  1. Waralaba Alfamart

Alfamart adalah salah satu jenis minimarket yang sudah terkenal dalam satu dekade terakhir. Menyediakan beberapa kebutuhan sehari-hari, tersedia dekat pada posisi yang strategis dengan para konsumennya. Alfamart menyediakan kebutuhan rumah tangga, mulai dari sembako dan hingga alat kebersihan rumah tangga. Kemudahan akses dan kenyamanan belanja ditawarkan oleh Alfamart untuk menarik konsumennya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top