Bisnis

Peluang Usaha Untuk Mahasiswa

Peluang Usaha Untuk MahasiswaMenjadi seorang mahasiswa bukanlah suatu penghalang jika ingin berbisnis atau berwirausaha. Justru harus dibuktikan bahwa dengan menjadi seorang mahasiswa mempunyai kreativitas dan inovasi lebih maju untuk memperoleh tambahan pendapatan, yang bisa dijadikan sebagai bekal pengalaman memasuki dunia kerja saat lulus nanti. Selain itu, harapan mengumpulkan pundi-pundi rupiah sebagai keuntungan, bisa dimanfaatkan untuk membantu ekonomi orang tua, agar tidak terlalu membebani mereka dalam membiayai kuliah. Biaya SPP mungkin nilainya tetap, namun kebutuhan pendukung kuliah akan selalu lebih banyak, contohnya biaya kertas, pulsa, biaya transportasi kendaraan, biaya fotocopi, dan banyak lagi lainnya. Dengan segala keminimalannya, harus dicari peluang usaha untuk mahasiswa, agar bisa dijalankan tanpa menganggu aktivitas perkuliahan.

sponsor: jasa pembuatan aplikasi mobile.

Menjadi mahasiswa hendaknya lebih kreatif. Usaha yang dijalankan seorang mahasiswa hendaknya bisa dilakukan dengan mudah, ataupun tanpa ribet berlebihan. Kenapa demikian, karena aktivitas mahasiswa yang padat dengan jadwal kuliah, tidak memungkinkan jika harus memforsir pada urusan usaha atau bisnis. Yang harus dilakukan adalah menjaga agar kuliah dan usaha berjalan beriringan tanpa ada salah satu yang terlalu dikorbankan. Peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa setara dengan resiko yang kecil, karena jikalau usahanya gagal tidak akan menimbulkan efek yang besar terhadap kondisi keuangan.

Berikut ini peluang usaha dengan modal kecil untuk mahasiswa yang bisa dijalankan di sela-sela waktu kuliah:

  1. Berjualan baju online atau konvensional

Fashion merupakan hal yang selalu berkembang di antara mahasiswa di kampus. Menjual baju atau produk fashion lainnya bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa sebagai usaha sampingan. Modal awal tidak harus besar, bisa mengambil dari supplier jika ada salah satu teman mahasiswa ingin membeli. Pemasarannnya bisa dilakukan dengan grup messenger. Selain secara online, bisa juga dengan membawa dagangan fashion untuk dijual langsung. Mahasiswa hanya sebagai penjual yang menawarkan produk fashion tersebut. jika barang tidak habis terjual maka bisa dikembalikan ke supplier, selanjutkan bisa mengambil barang lagi untuk dijual berikutnya. Konsep berdagang yang bisa dilakukan adalah jual murah, jual banyak dan jual cepat.

  1. Berjualan pulsa

Siapapun hari ini pasti akan membutuhkan pulsa sebagai media komunikasi. Berjualan pulsa pastia akan ada konsumennya. Terutama di kalangan mahasiswa, pulsa bisa diual ke rekan-rekan kuliah. Perlu nyali dan nekat untuk langsung menarik  uang pulsa yang dibeli, agar roda berjualan pulsa terus berjalan.

  1. Mendirikan lembaga bimbingan belajar

Memberikan les privat bisa dilakukan oleh mahasiswa. Bisa dilakukan juga dengan membentuk suatu lembaga, dengan mengumpulkan beberapa teman kuliah dengan kemampuan bidangnya masing-masing.

  1. Jasa pengetikan dan pembuatan karya tulis

Tugas kuliah akan selalu ada. Jasa pengetikan lengkap dengan printer akan sangat berpeluang ekonomis jika dijalankan oleh seorang mahasiswa. Begitu juga jasa dalam membuat karya tulis seperti membuat makalah. Konsumen yang menjadi target adalah teman kuliah, pegawai kantoran atau juga anak sekolah sekitar lokasi dimana mahasiswa tinggal.

  1. Blogger

Mahasiswa biasanya suka browsing, surfing di internet. Kebiasaan tersebut bisa menjadi dimanfaatkan lagi dengan mengutak-atik blog. Dengan memiliki blog pribadi, seorang mahasiswa ternyata juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebagai seorang blogger. Caranya adalah melalui monetize blog, seperti misalkan saja ikut PPC, pasang iklan atau menjual produk dari blog.

  1. Berjualan kue camilan

Karena para mahaiswa dominan merupakan anak kos yang datang dari luar daerah, biasanya ada kebutuhan akan makanan ringan atau snack yang saat berada di rumah kos. Kesempatan ini bisa dijadikan peluang usaha dengan menjual produk snack kepada teman kuliah. Kue yang dijual bisa diambil dari supplier dengan perjanjian tertentu, sehingga seorang mahasiswa tersebut hanya sebagai perantara penjual. Jika barang tidak habis maka bisa dikembalikan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top