Hot Topic

Cara Membuka Usaha Online

Cara Membuka Usaha Online

Berwirausaha atau berusaha secara mandiri dengan kemampuan diri sendiri perlu dilakukan untuk menambah sumber penghasilan saat mencari nafkah. Dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi, manusia dimanjakan dengan perangkat yang bisa menghubungkan satu dengan yang lainnya secara mudah dengan mobilitas tinggi, dan itu semua memberikan dampak peluang usaha bagi yang bisa melihat kesempatan yang ada. Cara membuka usaha online merupakan salah satu alternatif yang dipilih menggunakan perangkat gadget berbasis teknologi informasi.

sponsor: jasa pembuatan website murah.

Membahas usaha online, secara umum orang tersebut harus melek internet. Banyak orang yang tidak lagi gagap teknologi dengan seiring perkembangan gadget yang merambah hingga daerah pelosok. Dengan menggunakan perangkat teknologi berupa smartphone dilengkapi dengan koneksi internet, seseorang bisa melakukan bisnisnya. Itulah modal minimal yang harus dimiliki jika ingin melalui bisnis lewat internet. Bisnis online menggunakan media internet ini maksudnya adalah internet sebagai wahana atau sarana dalam memasarkan dan mengiklankan usaha yang dijalankan. Cara membuka usaha online banyak macamnya, tinggal tergantung pelaku usaha dalam memilih cara yang mana yang mau dijalankan. Media internet memberikan kemudahan dalam memasarkan dan menawarkan produknya kepada konsumen, sehingga target pasar konsumen bisa datang dari mana saja dan membuka kesempatan untuk memasarkan produknya kemana saja. Pilihan cara yang digunakan dalam membuka usaha online tersebut, antara lain:

  1. Menggunakan aplikasi instant messenger pada smartphone

Aplikasi instant messenger adalah software yang terpasang pada telepon pintar yang digunakan untuk berkomunikasi melalui pesan singkat antara dua orang atau lebih dengan menggunakan teks yang diketik. Saat ini aplikasi ini mengalami perkembangan dengan adanya kemampuan dalam mengirim gambar dan suara. Aplikasi instant messenger dapat digunakan sebagai media promosi produk yang akan dijual ke konsumen. Pelaku usaha bisa membuat grup khusus untuk produk yang dijualnya pada aplikasi messenger ini, dan mengundang sejumlah pengguna lainnya untuk bergabung pada grup tersebut. Barang yang ditawarkan atau dijual bisa berupa barang ready-stock milik sendiri, atau bisa melalui sistem dropship. Pelaku usaha tinggal mencantumkan gambar lengkap dengan keterangan produk dan harganya. Contoh instant messenger antara lain whatsapp, Line, Blackberry Messenger (BBM).

  1. Menggunakan marketplace

Marketplace hampir sama dengan pasar pada umumnya, namun bentuknya secara online. Contoh marketplace yang ada di Indonesia adalaha Tokopedia, Lazada, CakNing, Zalora, dan banyak lagi lainnya. Pelaku usaha bisa melakukan penjualan di marketplace tersebut dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaranya pun bisa dilakukan secara online. menjual produk di marketplace juga dilakukan dengan memasang gambar lengkap dengan keterangan beserta harganya. Jika ada konsumen yang ingin membeli, bisa langsung memesan dan membeli pada marketplace tersebut. Barang yang dijual bisa menggunakan sistem dropship maupun barang ready-stock.

  1. Menggunakan website atau blog pribadi

Sesorang yang ingin berbisnis online bisa menjual produknya melalui content yang terpasang pada blog atau websitenya, baik gambar, keterangan produk dan harganya. Sesorang bisa menggunakan website atau blog dengan nama pribadinya, namun harus membuat nya terlebih dahulu. Pembuatan website atau blog ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Di dalam website dan blog dicantumkan cara pemesanan yang bisa dilakukan ke konsumen. Contoh blog yang bisa digunakan WordPress, Blogspot, Blog. Barang yang dijual bisa menggunakan sistem dropship maupun barang ready-stock.

  1. Menggunakan media sosial

Media sosial merupakan tempat berkumpulkanya individu yang menjalin pertemanan melalui media internet. Contohnya Facebook, Instagram, Path, Twitter, Google+. Cara kerjanya sama, dengan membuat postingan yang terdiri dari gambar lengkap dengan keterangan produk dan harganya. Selanjutnya bisa disertakan keterangan cara pemesanan produk yang dilakukan oleh konsumen. Barang yang dijual bisa menggunakan sistem dropship maupun barang ready-stock.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Facebook

Sponsor

Social Media

To Top